Desain Surat Suara Pilgub DKI


Beberapa hari lalu saya menyaksikan sosialisasi dan simulasi Pilgub DKI yang diselenggarakan KPU DKI bekerjasama dengan PPUA Penca.
Dalam kesempatan itu saya menyempatkan diri untuk berbincang dengan beberapa rekan tunanetra. Dari praktek membaca braile template (alat bantu coblos/pilih) sudah cukup baik, namun ada satu kendala bagi mereka adalah belum adanya tanda khusus di salah satu sisi surat suara yang dapat membedakan antara ujung atas dan ujung bawah.
Pada Pemilu Kada 2007 lalu, KPUD secara tidak sengaja mencetak hologram di sudut kanan atas surat suara yang akhirnya dijadikan patokan para tunanetra dalam memasukkan surat suara ke dalam template.
Template merupakan alat bantu pilih bagi para tunanetra yang akan memberikan hak pilihnya secara mandiri di TPS.
Satu tanda kecil pada surat suara yang bisa diraba sangatlah membantu para tunanetra dalam memberikan hak pilihnya. Kemandirian dalam memilih menjadi dambaan mereka guna menjaga kerahasiaan pilihannya.
Mereka masih belum tahu apakah pada tanggal 11 Juli nanti akan ada hambatan dalam memasukkan surat suara atau tidak. Semoga ada kemudahan bagi teman-teman tunanetra.

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s