Busway, Masihkah Aman untuk Penyandang Disabilitas?


Beberapa hari lalu terjadi kebakaran armada busway di koridor 1 , Blok M – Kota. Bersyukur tidak terjadi korban jiwa dalam kecelakaan tersebut, namun trauma dari para penumpang tentulah ada. Kekhawatiran akan terjadinya hal serupa pasti menghantui setiap penumpang yang akan dan tengah menumpamg busway mengingat kebakaran armada busway bukanlah untuk pertama kalinya bahkan hampir setiap bulan terjadi.
Kekhawatiran tersebut menjadi kekhawatiran saya sebagai pengguna kursi roda yang kerap bepergian menggunakan sarana transportasi busway. Ketika salah satu armada busway berpenumpang terbakar dan di dalamnya ada pengguna kursi roda atau tunanetra, seberapa siapkah petugas melakukan evakuasi terhadapnya?  Akankah penumpang lainnya peduli terhadap keberadaan penumpang berkursi roda dan atau tunanetra?
Dalam keadaan situasi normal pun banyak petugas busway yang tidak tahu bagaimana cara membantu para Penyandang disabilitas. Janga-jangan, dalam situasi darurat akan terjadi kebingungan bahkan ia akan mengevakuasi dirinya sendiri. Semoga hal ini bisa dijawab dikemudian hari oleh para provider operator busway dan juga BLU Transjakarta.

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s