Statistik Penyandang Disabilitas


Beberapa pekan yang lalu saya berkesempatan berbincang dengan seorang volunteer dari Australian Bussines Volunteer, namanya Joe Fay. Dalam beberapa kesempatan, ia menanyakan data penyandang disabilitas yang ada di Indonesia. Saya bingung menjawabnya karena yang saya tahu hanyalah jumlah keseluruhan penyandang disabilitas yang dimiliki oleh Kementerian Sosial sebanyak 3,11 %, WHO pada tahun 2004 memperkirakan 10 % dari total penduduk Indonesia. Sedangkan statistiknya belum saya temukan data yang valid selama masa pencarian melalui browsing internet. Sungguh disayangkan memang.

Di Badan Pusat Statistik pun, penyandang disabilitas belum masuk dalam hasil sensus penduduk 2010. Di situs BPS pada data agregat yang ditampilkan, sama sekali belum memasukkan penyandang disabilitas di dalamnya. Padahal di dalam formulir sensus telah dimasukkan kolom pertanyaan tentang disabilitas dalam bahasa yang halus.  Ketika saya bertemu dengan seorang pegawai BPS dan menanyakan tentangnya, ia menjawab masih dalam proses penggodokan.

Selanjutnya Joe Fay mempunyai inisiatif untuk membantu mengumpulkan statistik penyandang disabilitas berdasarkan gender, pendidikan, ekonomi dan pekerjaan. Hal ini didasari keprihatinannya akan Indonesia yang kurang memerhatikan statistik penyandang disabilitas. Menurut saya, seharusnya kesempatan sensus penduduk 2010 yang lalu mampu dimanfaatkan oleh pemerintah untuk memperoleh statistik yang selama ini masih belum jelas.

Satu pemikiran pada “Statistik Penyandang Disabilitas

  1. Reblogged this on Kopi & Teh and commented:
    Setuju banget kalau Indonesia memang masih sangat minim dalam hal data statistik, apalagi yang valid, khususnya tentang penyandang disabilitas. Data yang dipublikasi oleh satu lembaga bisa jadi berbeda ketika dipublikasi oleh lembaga lain. Saya sangat kesulitan sekali, khususnya ketika saya menyusun tesis yang sedikit banyak membutuhkan data statistik tentang penyandang disabilitas. Data yang disediakan oleh satu lembaga yang saya dapat cenderung tidak rinci, hanya garis besarnya saja. Ini ranah baru yang perlu ditindaklanjuti.

Tinggalkan Balasan

