“3 Mas Ketir” Dihentikan Sementara


Budi Tongkat atau biasa dipanggil Butong dengan gigihnya mengadvokasi penghentian penayangan sitkom “3 Mas Ketir” kepada pihak Global TV. Dalam konten email yang di-forward ke saya menggambarkan diskusi antara Butong dengan Ibu Betty Meishara selaku Sekretaris PT. Global Informasi Bermutu. Email terakhir yang saya terima telah terjadi kesepakatan untuk menghentikan sementara waktu penayangannya sambil mengkaji ulang keberadaan sitkom tersebut.

“3 Mas Ketir” seperti yang telah saya tulis sebelumnya merupakan situasi komedi yang sungguh merusak citera penyandang disabilitas. Sitkom tersebut secara tidak langsung akan membentuk pemahaman dan perlakuan yang salah terhadap seorang penyandang disabilitas. Terlebih jika tayangan tersebut ditonton oleh kalangan anak-anak yang mudah menyerap informasi apapun hingga akan membekas ketika ia dewasa kelak.

Sudah selayaknya tayangan-tayangan tidak mendidik seperti itu dihentikan karena akan berdampak buruk bagi perlakuan terhadap penyandang disabilitas. Dari dahulu hingga kini para penyandang disabilitas di tanah air terus berjuang untuk keluar dari tindakan diskriminasi dari keluarga, masyarakat, perusahaan-perusahaan dan pemerintah. Bagaimanakah kiranya dengan tayangan tersebut yang menciterakan penyandang disabilitas sebaliknya. Sungguh suatu penodaan terhadap nilai-nilai perjuangan yang dengan susah payah telah dirintis oleh para penyandang didabilitas serta organisasi-organisasinya.

Menurut hemat saya merupakan tindakan terpuji jika penayangan sitkom “3 Mas Ketir” dihentikan oleh Global TV. Nilai bisnis yang ada di dalamnya tidak akan seberapa dibanding dengan nilai luhur memuliakan penyandang disabilitas,  karena penyandang disabilitas pun manusia ciptaan Allah SWT yang derajatnya sama dengan manusia non-penyandang disabilitas.

Satu pemikiran pada ““3 Mas Ketir” Dihentikan Sementara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s