Kembalinya Sang Juara


Sabtu (15/05) pagi hari itu cuaca sangat cerah. waktu masih menunjukkan pukul 06.55, taxi yang saya tumpangi sudah memasuki area rumah sakit Dr. Suyoto Pusrehab Kementerian Pertahanan. Hari itu saya harus membantu penyelenggaraan eksibisi tenis kursi roda yang diadakan di lapangan tenis Pusrehab Kementerian Pertahanan oleh Himpunan Wanita Penyandang Cacat Indonesia.

Sesampainya di lapangan, saya dikagetkan oleh hadirnya seorang teman lama saat bermain tenis dulu. Kini ia sudah memakai kerudung sehingga sempat tidak saya kenali. Ialah Yoyoh sang juara di era tahun 2006 ke bawah. Ia merupakan atlet perempuan nomor 1 Indonesia pada masa awal keberadaan tenis kursi roda di Indonesia tahun 1994 hingga ia berhenti sekitar tahun 2006. Saya pernah berangkat bersamanya ke Malaysia Open tahun 2005 dan itu merupakan pertemuan terakhir.

Disaat saya tengah berbincang dengan Yoyoh, sebuah sedan warna hitam berhenti dan menurunkan penumpangnya. Seorang Ibu lanjut usia datang dan menghampiri saya dan rekan-rekan yang sedang berkumpul, “selamat pagi” sapanya dengan ramah.

Rekan saya yang mengetahui kedatangannya segera menyambut dan mengucapkan selamat datang. Tak lama kemudian datang lagi seorang Bapak yang wajahnya tidak asing lagi buat saya, Ialah Prof. Dr. Haryono Suyono. Sama seperti Ibu yang tadi menyapa dan ternyata adalah isteri beliau, juga nampak ramah, “saya sengaja datang pagi-pagi karena ingin melihat persiapan yang dilakukan oleh teman-teman penyandang disabilitas” ujarnya sambil menyalami teman-teman satu-persatu.

Ya, memang saat itu masih sekitar pukul 07 dan panitia pun baru mempersipkan segala sesuatunya. Di tengah persiapan yang dilakukan oleh panitia, Pak Hayono menyempatkan diri mencoba duduk di kursi roda tenis sambil memegang raket, kemudian ia meminta isterinya untuk memotret dirinya.

Waktu terus berlalu dan matahari pun sudah menampakkan sinarnya. Tak lama rombongan atlet dari Wisma Chesire datang dengan diantar Pak Didi menggunakan bis yang sudah menggunakan lift khusus. Walaupun bis tersebut sudah cukup berumur, namun berkat perawatan Pak Didi, bis tersebut masih dalam performa yang cukup baik. Keberadaannya sangat vital untuk transportasi teman-teman penyandang disabilitas pengguna kursi roda. Karena di Jakarta hanya bis tersebut yang bisa digunakan untuk mengangkut rombongan pengguna kursi roda.

Setelah semua atlet berkumpul dan para tamu undangan sudah hadir, acara pembukaan pun segera dimulai. Pada sambutan yang disampaikan oleh Ketua Umum HWPCI Dra. Hj. Ariani,  ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kedutaan Besar Belanda yang telah mendukung HWPCI dalam program pembinaan atlet tenis kursi roda wanita. HWPCI yang fokus pada masalah perempuan merasa perlu turut serta dalam membangun prestasi tenis kursi roda wanita Indonesia.

Pertandingan eksibisi dibuka secara resmi oleh Prof. Dr. Haryono Suyono. Dalam pidatonya ia menyampaikan rasa bangga akan keberadaan atlet tenis kursi roda wanita dan berjanji akan memberikan bantuan kursi roda khusus tenis untuk menambah kursi yang sudah diberikan Kedutaan Besar Belanda terdahulu. Pada kesempatan itu pula beliau menyampaikan bahwa acara pembukaan tersebut disiarkan secara live oleh D-radio agar semangat yang terpancar dari lapangan bisa dirasakan langsung oleh pendengar di rumah.

Setelah acara pembukaan selesai segera dilanjutkan dengan pertandingan. Untuk mengatasi masalah waktu yang terbatas, panitia hanya mempertandingkan nomor ganda dengan sistem setengah kompetisi. Setiap pasangan memiliki kesempatan bertemu pasangan lainnya sampai selesai.

Para JuaraDari hasil pertandingan kemarin, diperoleh juara I, II dan III. Juara I diraih oleh pasangan Laeli Yuntari & Aya, Juara II diraih oleh pasangan Bella & Irna Novita sedangkan juara III diraih oleh pasangan Yoyoh & Rasmi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s