Sang Modifikator Kursi Roda


“Mas Tanto”, demikian teman-teman penyandang disabilitas memanggil namanya. Ia bukanlah seorang yang berperawakan tinggi besar dan ia pun seorang penyandang disabilitas kategori paraplegia. Meskipun demikian, ia memiliki kemampuan merancang, memodifikasi dan membuat kursi roda. Sudah belasan tahun lamanya ia membuat atau pun memodifikasi kursi roda.

Di Sasana Bina Daksa Budi Bhakti ia merupakan sosok penting bagi teman-temannya. Hampir semua permasalahan kursi roda milik teman-temannya ia kerjakan. Selain itu, semenjak perakitan kursi roda “Merdeka” RS Fatmawati mengalami kebangkrutan. Mas Tanto menjadi pilihan teman-teman yang ingin membuat kursi roda. Selama ini ia menerima pembuatan kursi roda dari seputaran Jabodetabek. Konsumen yang datang kepadanya merupakan hasil dari promosi mulut ke mulut.

Kursi roda menjadi alat bantu yang sangat vital bagi penyandang disabilitas yang mengalami kelumpuhan kedua kaki. Sedangkan untuk mendapatkan kursi roda yang nyaman dipakai sesuai kebutuhan sangatlah sulit. Di pasaran banyak dijual aneka merek kursi roda namun, bagi mereka yang masih melakukan aktivitas secara mandiri sangatlah tidak nyaman menggunakan kursi roda standar seperti yang dijual di pasaran. Sekalipun ada yang bagus, tetapi harganya sangat mahal dan harus pesan dari luar negeri seperti merek Quicky, Top end dll. Bagi mereka yang memiliki banyak uang mungkin tidak bermasalah dengan harga. tetapi, bagi kalangan ekonomi rendah, tentulah sangat berat untuk dapat memiliki kursi yangseperti itu.

Hampir semua penyandang paraplegia di Jakarta menggunakan kursi roda khusus yang dirancang untuk kemandirian. Tidak seperti kursi roda di pasaran, kursi roda yang dibuat Mas Tanto khusus dirancang sesuai kebutuhan pengguna. Baik ukuran maupun kenyamanan sangat diperhatikan oleh Mas Tanto.Ada juga yang datang kepadanya membawa kursi roda standar yang dibeli di pasar untuk dimodifikasi. Ya, memang cara demikian terbilang lebih murah dibanding membuatbaru. Untuk memodifikasi satu buah kursi roda Mas Tanto mematok harga hanya Rp. 35o.000, tetapi tergantung juga kepada bahan yang digunakan.

Nah, bagi Anda yang membutuhkan kursi roda khusus. silahkan datang ke:

Jl. Bambu Kuning I No. 22A Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur

Belakang Rumah Tahanan Wanita Pondok Bambu

Telepon 021- 8629742.

Hp. 021-9578 6983 / 085692635141

2 kursi roda karya Mas Tanto yang mampu dibawa berjalan puluhan kilometer
2 kursi roda karya Mas Tanto yang mampu dibawa berjalan puluhan kilometer

25 pemikiran pada “Sang Modifikator Kursi Roda

    • Assalamualaykum Mas Tulus,
      Mau tanya alamat bengkel motor 4 disabel Mas Tulus donk, bulan depan saya rencana mau modiv motor roda 2 jadi roda 3 untuk anak saya. Alamat email Mas Tulus juga mau ya. Terimakasih.

  1. semoga ini bermanfaat bagi yang membutuhkan..
    utamanya kreatifitas ini sangat bermanfaat bagi banyak kalangan yang membutuhkan…🙂

    • Hallo pak Agus
      Untuk hal tersebut bisa ditanyakan langsung ke mas Tanto melalui telepon yang tersedia di artikel ini. beliau lebih mengetahui segala sesuatunya. Terima kasih sudah mampir ke blog ini.
      salam

  2. sori mau numpang tanya..apakah di sasana bina daksa budi bhakti ini ada anak-anak atau lansia yang menyandang disabilitas? saya mendapat tugas kuliah untuk melakukan observasi dan wawancara.. mohon bantuannya🙂 terima kasih

    • Betul Mbak.. di sana semua terdiri dari Penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda. Rata-rata mereka mengalami kecelakaan yang menyebabkan cidera tulang belakang seperti saya.

    • Salam kenal Pak Rohani.
      Kawan saya ini membuat kursi roda sesuai pesanan. Jadi, insya Allah jika Bapak merinci keadaan serta kebutuhannya, desainnya bisa disesuaikan.

      Salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s