“Maaf Pak, Saya Mau Isi Bensin”


Sepulang dari bekerja, saya berjalan menuju jalan raya dan mencoba menghentikan taxi. Seperti biasa sangat sulit bagi saya mendapatkan taxi dengan kursi roda yang melekat di badan. Sebagian sopir enggan turun untuk mengangkat kursi roda ke bagasi. Hanya sebagian sopir saja yang memiliki hati mulia yang berkenan dengan ikhlas mengangkat kursi roda saya.

Jam sudah menunjukkan pukul 21.23. Saya berdiam diri di depan sebuah restoran yang sudah tutup. Dari kejauhan saya melihat sebuah taxi warna kuning menuju arah saya. Saya melambaikan tangan dan ia pun berhenti. Saya menghampiri dan membuka pintu depan taxi, “mau kemana, Pak?” Tanya sopir beberapa saat setelah saya membuka pintu mobilnya.

“Ke Pondok Bambu, Pak.”

Sopir tersebut diam sesaat seakan tengah ada yang dipikirkan. Tak lama kemudian ia berujar, “Maaf Pak, saya mau isi bensin”. Tanpa berbasa basi, saya pun mengerti keengganan ia membawa saya dengan jarak yang tidak terlalu jauh lantas saya segera menutup kembali pintunya.

Setelah saya menutup pintu mobil tersebut, sang sopir pun segera tancap gas. Sekalipun ia enggan mengangkut, saya menghargai ia masih mau berhenti ketika saya stop. Tidak sedikit sopir taxi yang tidak mau berhenti ketika saya melambaikan tangan.

Dari kejadian tadi malam, saya merasakan benar kebutuhan alat transportasi yang akses untuk para penyandang disabilitas di kota ini dan kota-kota lainnya. Kebutuhan alat transportasi akses merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemerintah bagi warganya yang membutuhkan pelayanan khusus seperti saya seperti telah diamanatkan UUD 1945 Pasal 28 H ayat 2:”Setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.”

Demikian juga tersirat dalam Undang-undang RI No. 39 Tahun 1999 tentang HAM Pasal 5: “Setiap orang yang termasuk dalam kelompok masyarakat rentan berhak memperoleh Perlakuan dan Perlindungan yang lebih berkenaan dengan Kekhususannya.”

Wujudkan Aksesibilitas Segera!!!

Tinggalkan Balasan

