Penyandang Cacat Minta Perbaikan Layanan “Busway”


JAKARTA, KOMPAS.com — Para penyandang cacat menuntut Dinas Perhubungan Darat maupun Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta atau busway untuk memperbaiki pelayanan. Penyandang cacat menilai, pelayanan bus transjakarta kurang berpihak kepada mereka meskipun telah enam tahun berjalan.

“Penyandang cacat konsumen juga,” lontar Jaka Ahmad (33), salah satu penyandang cacat yang menjadi konsumen bus transjakarta, saat acara Forum Dialog Konsumen Bus Transjakarta, di Jakarta, Sabtu (24/4/2010).

Acara yang diadakan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) serta Institute for Transportation Development Poliscy (ITDP) itu dihadiri perwakilan Dinas Perhubungan Darat, operator bus transjakarta, kepolisian, serta konsumen bus transjakarta.

Jaka, penyandang tunanetra itu, mencontohkan, penyandang cacat masih sulit menuju halte lantaran di beberapa halte hanya dibangun tangga dari pinggir jalan untuk menuju halte. Dia berharap, pengelola dapat membuat lift atau elevator yang dapat digunakan bukan hanya penyandang cacat, melainkan untuk ibu hamil ataupun lansia.

Keluhan lain, cerita dia, tidak berfungsinya audiovisual di dalam halte maupun di dalam bus sebagai petunjuk bagi konsumen tunanetra atau tunarungu. “Adanya jarak antara halte dengan bus sehingga pengguna kursi roda sulit masuk ke dalam bus,” ungkap motivator freelance itu.

Selain itu, tambah Jaka, minimnya pengetahuan petugas di lapangan untuk membantu para penyandang cacat. “Diharapkan pengelola memberi pembekalan ke petugas lapangan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara petugas dengan kami,” ucapnya.

Namun, dia tetap mengapresiasi kerja petugas di lapangan. “Petugas selalu mendahulukan penyandang cacat untuk masuk ke dalam bus,” jelas dia.

Perwakilan Dishub Darat, Hasbi Hasibuan, menjawab, pihaknya menerima masukan itu. Mengenai keluhan akses menuju halte, menurut dia, lantaran belum terealisasinya bantuan dari pihak ketiga untuk membuat lift bagi penyandang cacat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s