Kapan di Jakarta


Bis Khusus Penyandang cacat
Bis Khusus Penyandang cacat

Ketika saya sampai di Taiwan Taoyuan International Airport, saya dijemput oleh sebuah bis yang sangat istimewa. Bis tersebut sangat memanjakan pengguna kursi roda. Dengan bahasa Inggris  yang belepotan, saya menanyakan tentang bis tersebut. Ternyata bis itu merupakan angkutan umum yang disediakan melayani para penyandang cacat. Mungkin jumlahnya k.l. 11 unit.

Tidak seperti Busway yang diklaim telah menyediakan sarana untuk penyandang cacat. Bis berlift tersebut dapat dengan mudah dinaiki oleh pengguna kursi roda dengan hanya menurunkan liftnya ke trotoar.

Berbeda ketika saya memakai sarana transportasi TransJakarta. Saya harus bersusah payah terlebih dahulu menaiki ramp atau bidang miring. Belum lagi adanya trotoar yang menghalangi saya untuk menjangkau ramp menuju halte. Cukup melelahkan jika harus setiap hari menaiki Busway seperti yang telah saya lakukan ketika berkantor di gedung KPU Imam Bonjol.

Selain moda transportasi bis. Ada juga taksi yang mempunyai lift khusus untuk menaikkan penumpang berkursi roda. Sayangnya saya tidak memiliki gambar ketika menaikinya.

Liftnya berada di bagian belakang. Di dalamnya bisa dimasuki empat orang berkursi roda. Kabarnya taksi tersebut berjumlah 25 unit untuk melayani  penyandang cacat di kota Taipei.

Sungguh sebuah pengalaman yang menyenangkan bisa menaiki alat transporatsi umum yang akses untuk orang seperti saya. Kapan kira-kira Di Indonesia bisa seperti itu, ya? Saya hanya bisa berdoa mudah-mudahan kelak generasi berikutnya bisa menikmati angkutan serupa di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s