Menampilkan dan Menghilangkan Perintah-perintah di Toolbars Line MS. Word 2003


Ketika kita sedang bekerja di Ms. Word. Terkadang membutuhkan kecepatan akses dalam menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia. Masalahnya tidak semua yang kita butuhkan ada di toolbars line. Pada saat kita akan menggunakan fasilitas seperti Superscript atau Subsript, berarti kita harus membuka Menu File kemudian memilih Font berikutnya baru kita mencentang pilihan Superscript atau Subscript. Cukup repot bukan? Karena kita harus melewati beberapa langkah dan menunggu Format Font untuk terbuka.

Gambar 1.  Toolbars line

Standar Toolbars Line yang sudah tersedia biasanya tampil seperti gambar diatas; ada ikon membuka dokumen baru, ikon membuka file, menyimpan file, dll. Ketika kita membutuhkan aplikasi yang tidak ada di toolbars line. Maka, kita harus membuka Menu Line seperti di bawah ini.

Gambar 2. Menu Line

Bagi Anda yang senang menyingkat waktu jangan khawatir, ada cara yang lebih cepat dalam menggunakan perintah-perintah yang ada di Menu Line. Ketika Anda membutuhkan perintah yang kerap kali Anda gunakan seperti: Page Setup, Format Paragraph, Chang Case, Superscript/Subscript. Maka, Anda bisa menampilkannya di Toolbars Line dengan cara:

Klik Menu View, Toolbars, Customize. Maka akan muncul jendela seperti gambar berikut.

Gambar 3. Jendela Customize

Ada tiga pilihan di jendela tersebut: Toolbars, Commands dan Option. Untuk tujuan kita kali ini maka, kita pilih Toolbars yang secara otomatis telah tampil. Di sebelah kiri terdapat pilihan Categories, disebelah kanannya ada Commands.

Baris Commands merupakan isi dari Menu di barisan Categories yang kita pilih. Ketika kita akan menampilkan perintah Page Setup. Maka, kita cari di baris Commands dari Categories File dengan menggulung layar dengan scrollbar, lalu klik tahan (jangan dilepas) pilihan Page Setup tersebut, kemudian drag (bawa dengan menarik) ke Toolbars Line dan tempatkan dengan sesuka hati. Setelah penempatan sesuai, baru dilepas. Karena perintah tersebut terdapat di Menu File. Maka, alangkah baiknya kita tempatkan di dekatnya, hasilnya:

Begitu juga langkah untuk menampilkan Chang Case, Superscript dan Subscript. Kita tinggal memilih Menu File di barisan Categories. Maka, disebelah kanannya akan tampil perintah-perintah di barisan Commands lalu drag ke Toolbars Line.

Ketika fasilitas itu akan kita gunakan. Anda hanya perlu satu klik-an saja untuk segera mendapatkannya. Tetapi, untuk Chang Case Anda bisa klik beberapa kali sampai teks yang Anda blok berubah sesuai dengan hasil yang Anda inginkan

Kita juga bisa menghilangkan perintah di Toolbars Line yang tidak kita butuhkan semisal Permission, Research, atau Insert Hyperlinks. untuk Permission kita bisa drag ke Commands dari File di Categories, Research kita drag ke Commands dari Tools di Categories, dan Hyperlinks kita drag ke Commands dari Insert di Categories.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s